All Articles

Pengenalan CakePHP bagian 1

got baked

Menggunakan CakePHP 1.2.0.6311 beta $Date: 2008-01-02 13:33:52 +0700 (Wed, 02 Jan 2008)

CakePHP The Rapid Development PHP Framework” merupakan Web Framework MVC di dunia PHP yang terinspirasi oleh mengeloranya popularitas RubyonRails. Mencoba menyajikan kehebatan Rails like Framework di PHP, CakePHP di design mengikuti arsitektur RoR meskipun pastinya terdapat beberapa perbedaan. Namun bagi yang telah terbiasa dengan RoR pasti tidak akan asing menggunakan CakePHP. Ada fitur ORM, Ajax, Custom Route Url, paging, caching, generator, unit test, mailer, convention over configuration, dll.

Mengapa CakePHP ? untuk menyelesaikan masalah dengan set solusi yang telah di design dalam paket framework secara cepat dan lengkap (dalam arti tidak ada fitur2 besar/banyak yg mubazir), bukan malah sebaliknya yang membuat pusing dan memakan waktu development serta tools yang boros . CakePHP hadir untuk dapat digunakan dengan sangat simple, cepat dan solusi yang efektif dalam pembuatan web. CakePHP is Agile!

Setelah sekian lama tidak lagi menyentuh PHP, akhirnya saya mulai lagi buka2 kode2 PHP yang lama. Ada beberapa fitur yang telah ditambahkan pada versi terakhir CakePHP dari CakePHP 1.1x yang dahulu sempat saya gunakan. Lalu mengapa sekarang saya kembali lagi menjelajah PHP? jawabannya sangat simple, karena PHP adalah solusi web development paling murah dan simple di planet bumi ini. Ga ada yang bisa ngalahin fleksibilitas deploymentnya berkat bantuan mod_php di apache server, php saat ini menguasai dunia sebagai bahasa pemograman web yang paling banyak di hosting (Namun apa jadinya jika mod_rails telah stable ayo segera di rilis). Semudah copy paste script PHP ke doc_root web server anda, tanpa restart atau setting khusus untuk reload, just refresh your browser, and ta da… I love it so simple dan consume small hardware resources.

Mau tau kelanjutannya ? silahkan download saja, file microsoft word 8 halaman disini

Tunggu kelanjutan artikel CakePHP berikutnya, membahas TDD(test driven development), dll..

Tunggu juga kelanjutan artikel Pengenalan Ruby bagian ke dua setelah lebih dari 1 tahun bagian pertamanya dirilis

Serta akan ada artikel pengenalan Rails 2.0.2 masih dikit nih yg bahas, Haml, BDD (Behavior Driven Development)

Mudah2an juga menyusul artikel mengenai Spring Hibernate, ilmu yg baru saya pelajari.