All Articles

Cross Platform Mobile App Framework

Persaingan mobile/smartphone semakin berkembang akhir2 ini. Sebut saja Iphone, Android, Symbian, Blackberry, WinMo, Palm, dan masing2 punya platform aplikasinya sendiri. Mereka tidak mau bekerja sama satu sama lain, saling berkompetisi.

Dari sudut pandang konsumen itu baik, tapi dari sudut pandang seorang Developer, perbedaan platform ini membuat masalah yg besar. Harus membuat versi aplikasi yg berbeda2 untuk masing2 platform. Menyalahi prinsip DRY (Dont Repeat Yourself). Belum lagi learning curve yg tinggi, karena harus mempelajari lagi arsitektur untuk masing2 platform. 

Lalu apa solusinya ?? mengapa tidak diciptakan saja satu framework yg cross platform. Tulis sekali dengan bahasa yg standard dan dapat berjalan dimana2 (mottonya Java). 

Beberapa framework baru muncul dengan memanfaatkan HTML+Javascript. Build Apps with Web Standard. Bahasa klasik yg telah lama digunakan dan didukung oleh seluruh platform mobile. Cukup gunakan bahasa klasik yg universal itu, lalu wrapper framework berkerja menerjemahkan nya ke masing2 platform.

  • Phonegap mendukung platform IPhone/IPad, Symbian, Android, Palm, Blackberry, Windows Mobile. (Opensource, dokumentasi ga lengkap)
  • Titanium mendukung platform IPhone/IPad, Android. (Dual Licence, dokumentasi lumayan, terlihat professional) 
  • Rhomobile mendukung platform IPhone, Windows Mobile, Blackberry, Symbian, Android. Framework MVC dengan bahasa Ruby yg ditranslate ke HTML+JS. (Dual Licence, Paling terstruktur, profesional, dokumentasi lengkap)

Jangan anggap remeh, framework2 diatas juga dapat mengakses fungsi2 native, seperti Camera, GPS, Vibrate, dll. Masih maukah berpusing2 ria ?