All Articles

Tutorial Instalasi Cloudera di Windows #docker #bigdata

image

Tahun ini dunia teknologi didominasi oleh topik hot seputar #bigdata Sudah banyak resource yang tersedia di internet bagaimana mulai belajar tentang #bigdata. Namun saya yakin di tahap awal perkembangannya ini dengan banyaknya teknologi yang muncul, malah semakin membuat bingung. Apalagi pengguna windows seperti saya :)  karena kebanyakan resource yang tersedia di internet tidak menggunakan windows .

Untuk memulai sebaiknya pelajari dulu konsep #bigdata dan teknologi seperti hadoop, mapreduce disini. Hadoop adalah proyek opensource dari Apache Foundation dan ada beberapa distribusi Hadoop yang tersedia. Anda dapat melalukan installasi manual dari Apache atau menggunakan distribusi hadoop yang telah dikemas dengan simple, automated install dan ada yang menyediakan quickstart docker image untuk dapat memulai mencoba dengan mudah.

Penyedia platform distribusi berbasis Apache Hadoop yang dominan saat ini adalah Cloudera, HortonWorks, dan MapR. Masing-masing mempunyai kelebihan, namun kali ini saya akan menggunakan distribusi hadoop dari Cloudera (paling populer sepertinya :D ) . 

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Siapkan komputer dengan setidaknya RAM diatas 8GB, karena Cloudera sendiri butuh 8GB.
  2. Pastikan konfigurasi memory docker udah diset diatas 8GB ya  image
  3. Langsung mulai pull cloudera image, ukurannya 7.2GB (bisa ngopi dulu)

    C:\>docker pull cloudera/quickstart 
  4. Jika sudah berhasil, lalu jalankan cloudera docker image tsb.

    C:\>docker run --privileged=true -ti -d -p 10000:10000 -p 21050:21050 -p 8888:8888 -p 80:80 -p 7180:7180 --hostname=quickstart.cloudera --name=CDH -v /C/Dev/Cloudera:/mnt/Users cloudera/quickstart /usr/bin/docker-quickstart 

    Parameter -v /C/Dev/Cloudera:/mnt/Users akan ngemirror folder /mnt/Users di cloudera docker ke folder C:/Dev/Cloudera di komputer saya

  5. Lalu jalankan cloudera manager

    C:\>docker exec -ti CDH /home/cloudera/cloudera-manager --express --force
  6. Buka browser, jika installasi berhasil maka akan muncul seperti ini

image

Sekarang anda dapat mempelajari #bigdata dari tutorial yang disediakan oleh Cloudera. Selamat mencoba :)